Puncak HUT HKN ke-53, Rusdi: Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

0
875

Boltim, Inatonreport.Com – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusdi Gumalangit, pada acara puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Senin (13/11) malam, mengatakan, keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Melalui pendekatan kepada keluarga adalah langkah yang tepat dalam menjalankan program nasional yakni Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku.

Lanjut Gumalangit, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit, selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.

“Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak anak. Pendidikan dilingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk bertumbuh dan berkembang,” ujar Gumalangit.

Untuk itu, terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya dilingkungan keluarga. Selain itu program yang perlu didorong yaitu program Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat.

“Dengan adanya program Germas kita mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Yang pada akhirnya dapat membentuk Indonesia yang sehat,” terang Gumalangit.

Dengan mendorong program Indonesia Sehat, pendekatan keluarga dan Germas, merupakan upaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif, yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang produktif.

“Peringatan HKN Ke-53 menjadi momentum sejauh mana keberhasilan pelayanan kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa,” ucap Gumalangit.

Gumalangit berharap, dengan adanya program kesehatan yang sudah atau sementara berjalan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Marilah kita berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol serta menciptakan lingkungan yang sehat,” harap Gumalangit.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.