Gus Ipul: Cegah Radikalisme dan Bibit Teroris melalui Madin

0
869

Inatonreport.Com –  Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, memiliki konsep untuk menanggulangi paham radikalisme dan mencegah bibit teroris, yakni melalui madrasah diniyah (Madin).

Gus Ipul menjelaskan, pendidikan madin punya peran penting dalam mencegah paham radikal. Jika madin kuat, maka bibit-bibit terorisme bisa dihentikan.

“Lewat pendidikan madin, bisa diajarkan pendidikan akidah dan pendidikan syariah. Apa saja perbuatan yang dibolehkan dan dilarang oleh Allah,” kata Gus Ipul di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Rabu (16/5).

Anak usia dini, lanjut Gus Ipul, harus diberi pemahaman menjadi seorang muslim yang baik dan benar, selain pendidikan keluarga.

Menurut Gus Ipul, pendidikan akidah dan pendidikan syariah harus dipertajam lagi oleh guru madin, agar santrinya paham bahwa kaum muslim hidup di NKRI berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita juga harus peduli pada lingkungan sekitar. Jika ada orang baru, harus kita kenali. Ketua RT dan RW harus mengkoordinir warganya menjaga lingkungan. Siskamling perlu diaktifkan. Tetangga juga harus kita perhatikan,” jelas Gus Ipul.

*sumber:kompas.com/heri

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.