Tahun Depan, Dinsos akan Anggarkan Pembedayaan Eks Napi

0
667

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Dinas Sosial (Dinsos) berupaya mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Kotamobagu. Tidak terkecuali, bagi warga yang pernah menetap di Rumah Tahan (Rutan) atau eks narapidana (Napi), yang menggeluti usaha ekonomi di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Kepala Dinsos Kotamobagu, Sarida Mokoginta, mengatakan beberapa tahun lalu pernah memberikan bantuan untuk eks narapidana.

Lanjut Sarida, pihaknya berencana tahun depan akan berlakukan pemberdayaan eks napi. “Biasa bantuan di Dinsos itu kepada eks Napi, jadi misalnya dia keluar dan kita berdayakan,ujar Sarida.

“Namun tahun ini belum ada, rencana tahun depan akan ada anggaran untuk pemberdayaan eks napi yang ada kriterianya. Jadi misalnya dia keluar nanti dan tercatat kurang mampu itu yang kami berdayakan. Jika dia ada usaha maka kami akan kembangkan,” sambung Sarida.

Sementara, Kasie Pelayanan Tahanan Rutan Kotamobagu, Micky Simbo, menambahkan, pada tahun sebelumnya, para warga binaan Rutan sering mendapat bantuan dari Dinsos berupa alat-alat serta bahan pembuatan kerajinan tangan.

“Sejak tahun lalu itu sudah tidak ada lagi bantuan. Yah mudah-mudahan ke depan akan ada lagi bantuan-bantuan bagi para Napi, agar selain menjalani masa tahan, mereka dapat berkreasi mengisi aktifitasnya dengan membuat beberapa kerajinan yang bermanfaat,” harap Micky.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.