Bupati Boltim: Kadin harus Bermanfaat untuk Rakyat

0
678

Boltim, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH, menghadiri pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Cabang Boltim, yang diselenggarakan di gedung Aula lantai III Kantor Bupati, Kamis (18/10).

Pengurus Kadin Boltim dilantik langsung oleh Ketua Umum Kadin Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hangky Arther Gerungan.

Pada kesempatan tersebut, Gerungan mengatakan, Kadin merupakan wadah yang bertujuan untuk membina dan mengembangkan kemampuan, kegiatan dan kepentingan pengusaha Indonesia.

“Kadin juga memiliki tujuan untuk memadukan secara seimbang keterkaitan antar potensi ekonomi nasional di bidang usaha negara, usaha koperasi dan usaha swasta, antarsektor dan antarskala, dalam rangka mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha nasional yang sehat dan tertib bedasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945,” terangnya.

Gerungan berharap, pengurus Kadin di Boltim dapat berperan penuh dalam meningkatkan perekonomian rakyat.

“Kadin jangan hanya berharap pada APBD daerah. Tapi bagaimana kita bisa menciptakan APBD sendiri, lewat pemaksimalan berbagai program yang ada,” Katanya memotivasi.

Sementara itu, Bupati Boltim Sehan Landjar, juga lewat penyampaiannya memberikan sedikit gambaran tentang fungsi Kadin.

“Kadin memiliki berfungsi sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, antara para pengusaha Indonesia dan pemerintah, dan antara para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing,” urai Sehan.

Sehan menjelaskan, regulasi tersebut yakni mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan professional, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional.

“Saya berharap agar para kepala desa juga bisa ikut bersinergi dengan Kadin. Dengan begitu, akan tercipta hubungan komunikasi serta sinergi program antara Kadin dan Pemdes, guna memakmurkan masyarakat di desa,” tambah Sehan.

Selain itu, Sehan juga berharap agar Kadin di Boltim dapa membawa manfaat besar di Boltim.

“Jangan berpikir bagaimana agar pengurus Kadin bisa menjadi sukses dan sejahtera, tapi berfikirlah bagaimana Kadin bisa membantu warga untuk sukses dan sejahtera. Dengan demikian, Kadin menjadi bermanfaat untuk semua kalangan,” terang Sehan.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.