Babinsa Tuyat Bantu Petani Bajak Sawah

0
656

Bolmong, Inatonreport.Com – Babinsa Tuyat, Kopda Munawir, mendampingi Bantara saat membajak sawah, yang berada di Desa Tuyat Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong, Jumat (14/12/2018).

Membajak merupakan kegiatan mengolah tanah dengan cara membolak balikkan tanah dengan tujuan supaya tanah menjadi gembur dan mudah untuk di tanami. Membajak sawah merupakan salah satu dari sekian banyak tahap budidaya tanaman padi.

Kegiatan membajak biasanya menggunakan traktor yang bertujuan agar tanah di lahan sawah menjadi melumpur, lunak dan tidak keras. Biasanya pembajakan dilakukan dua kali.

Pembajakan pertama dilakukan dengan tujuan menggemburkan dan membalikkan tanah dan pembajakan kedua untuk melembutkan supaya lumpur di sawah menjadi halus dan lembut. Dengan membajak sawah gulma pun akan mati dan dapat menghambat pertumbuhan hama serta penyakit pada lahan sawah.

Terlihat Babinsa Kopda Munawir turun langsung ke sawah membantu membajak dengan lihai dan telaten. Meski panas matahari yang mulai menyengat tak dihiraukan.

Munawir sangat ingin hasil panen petani wilayah binaannya berhasil dengan sukses untuk itulah upaya pendampingan terus dilakukan.

Semoga dengan pendampingan yang dilakukan oleh para Babinsa membuahkan hasil sehingga kesejahteraan para petani dapat terpenuhi. Dengan begitu program ketahanan pangan khususnya wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow dapat diwujudkan.

*Anto

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.