Penuhi Target SAKIP, Bupati Bolsel Minta OPD Bekerja Keras

0
309

Bolsel, Inatonreport.Com – Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru SPt, bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menghadiri coaching clinic tentang penguatan Reformasi Birokrasi dan Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), bertempat di Kantor Kementerian PAN RB, Selasa (9/7/2019).

Kamaru mengatakan, coaching clinic merupakan kepedulian pimpinan tertinggi untuk menjadikan Bolsel sebagai daerah yang hebat.

“Kegiatan ini penting agar Bolsel menjadi daerah yang hebat. Maka, kepala OPD harus bersama-sama memperbaiki akuntabilitas di pemerintahan,” ujar Kamaru.

Kamaru menambahkan, perlunya ground fokus dalam hal perumusan program sehingga tidak menyerap banyak anggaran.

“Anggaran yang keluar banyak, tapi out put dan out comenya tidak tercapai secara maksimal karena tidak terfokus,” ucap Kamaru.

Untuk mencapai target SAKIP, Kamaru menekankan agar Kepala OPD di Bolsel harus bekerja keras.

“Seperti perlunya perbaikan RPJMD sehingga sasaran dan tujuan bisa menjawab visi misi bupati 5 tahun. Selain itu, pengawasan internal juga harus diperketat sehingga OPD merasa terkawal,” ungkap Kamaru.

Sementara, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan PengawasanKemenPAN-RB, Ronal Andrea Annas, menerangkan, SAKIP bertujuan untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.

“Sasarannya untuk menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya,” terang Ronal.

**

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.