Pemda Boltim Imbau Warga Waspada Kebakaran

0
406

Boltim, Inatonreport.Com – Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berupaya untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran akibat musim kemarau berkepanjangan saat ini.

Musibah kebakaran jika tidak ambil langkah diantisipasi maka akan dengan mudah terjadi baik pada lahan pertanian, perkebunan, maupun di tempat pemukiman warga.

Bupati Boltim Sehan Salim Landjar SH, dalam setiap kesempatan selalu menyampaikan imbauan dan harapan kepada warga masyarakat, agar berhati-hati untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di pinggir jalan, kompleks pemukiman, tidak membakar lahan perkebunan dan pertanian. Karena api akan dengan sangat mudah tersulut ke lingkungan sekitar, akibat dari banyaknya dedaunan yang sudah kering sehingga muda terbakar.

“Kemudian, untuk di rumah jangan pernah lalai ketika kita setelah menggunakan peralatan listrik dan elektronik seperti sterika, charger handphone, kompor gas, kompor listrik dan peralatan lainnya, yang bisa menimbulkan korsleting. Jangan lupa dimatikan setelah selesai digunakan,” kata Bupati melalui Kepala Dinas Kominfo Boltim Hamdi Egam.

Musibah kebakaran, lanjutnya, dapat dicegah atau diantisipasi, yang terpenting ada sinergi dari semua lapisan masyarakat dan elemen pemerintahan untuk mencegah dan menghindari penyebab timbulnya kebakaran, seperti halnya pembakaran lahan perkebunan dengan segaja dilakukan karena alasan menghindari biaya yang timbul jika dibersihkan dengan cara konvensional.

Tak hanya itu, kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, juga akan berimbas pada kurangnya ketersediaan air kebutuhan rumah tangga ataupun pertanian.

“Sekali lagi, pemerintah mengimbau agar mari kita sama-sama cegah hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Musibah kebakaran akan berdampak serius terhadap kehidupan kita dengan dampak kerugian materil berupa kehilangan harta bahkan sampai pada kehilangan nyawa,”

“Mencegah lebih baik daripada menanggulangi,” ucap Egam sembari mengimbau.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.