BSSN Kunjungi Diskominfo Bolmong

0
104

Bolmong, Inatonreport.Com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menerima kunjungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Selasa (30/3/2021).

Kunjungan BSSN disambut Kepala Dinas Kominfo Bolmong, dan langsung menuju ke ruangan Data Center. Dalam kunjungan tersebut, Sutoyo Paputungan, Kepala Bidang dan Statistik Diskominfo Bolmong, mengatakan kedatangan dari BSSN itu melakukan uji keamanan di tiga aplikasi web, yang diantaranya bolmongkab.go.id, e-dokumen dan email bolmong.go.id

“Tadi itu masing-masing penguji memegang 1 aplikasi,” ucap Sutoyo.

Setelah BSSN mengecek atau menguji tiga aplikasi miliki Diskominfo Bolmong, Lanjut Sutoyo, penguji akan memberitahukan celah atau solusi yang harus digunakan Kominfo, demi penyempurnaan aplikasi yang tidak gampag dibobol heacker.

“Tiga aplikasi ini akan diuji apakah ada celah atau tidak. Kita juga nantinya akan diberitahu apa saja celahnya sekaligus diberikan solusi untuk penyempurnaan aplikasi supaya tidak mudah dibobol heacker,” tambahnya.

Lebih lanjut lagi dikatakannya, Diskominfo Bolmong satu-satunya yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang diuji websitenya dari BSSN. Namun dari segi apa sehingga BSSN menguji tiga aplikasi itu belum dapat disampaikan.

“Tapi jauh sebelumnya hubungan antara Pemkab Bolmong dan BSSN sudah intens. Buktinya pada tahun 2017 lalu Bolmong satu-satunya di Sulut yang sudah ada Jammer atau pengacak sinyal. Pengacak sinyal ini berguna untuk digunakan dalam rapat-rapat penting,”terangnya.

Perlu diketahui juga dalam kunjungan yang dilakukan BSSN, itu menambah ilmu pengetahuan hingga bisa mengetahui tingkat keamanan pada system aplikasi yang dimiliki.

“Adanya asessment dari BSSN tersebut, bisa diketahui seberapa besar keamanan yang ada pada sistem aplikasi yang dibuat Diskominfo Bolmong.” Tutup Sutoyo Paputungan.

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.