Balai Benih Ikan Bolmong Kembangkan Pembenihan Sistim Bioflok

0
256

Bolmong, Inatonreport.Com – Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Bolaang Mongondow mengembangkan sistim baru dalam pembenihan.

Balai Benih Ikan yang ada di Werdhi Agung, di Kecamatan Dumoga Barat mencoba mengembangkan sistim pembenihan lewat Bioflok.

Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang, saat mengunjungi Balai Benih Ikan mengatakan, sistem bioflok, yang diterapkan Balai Benih Ikan yang ada di Werdhi Agung, bisa meningkatkan produksi ikan, Rabu(19/5).

Sistim Bioflok merupakan teknik budidaya ikan untuk meningkatkan kualitas air kolam atau air budidaya.

Teknik Bioflok menggunakan bantuan mikroorganisme seperti bakteri heterotrof dan fitoplankton. Dimana mikroorganisme ini akan memanfaatkan Nitrogen organik yang berasal dari sisa makanan dan kotoran ikan.

Kepala DPK Bolmong, Parman Ginano pada kesempatan itu menjelaskan, ikan terlebih dahulu dipilih untuk dipelihara di Bioflok.

“Jadi ikan yang masih kecil yang kita pilih. Larva yang dipikih dipindahkan ke kolam bioflok sampai ukuran 1 Cm baru kita pindahkan lagi ke kolam pembesaran” ujar Parman.

Demikian pula dengan indukannya. Indukan dipisah antara jantan dan betina, tambahnya.

Setelah siap bertelur, ujar Parman, baru dipindahkan ke kolam yang memiliki jaring. Saat ini, kata dia, ikan yang siap panen mencapai 35 ribu ekor. Parman, menargetkan pada masa yang akan datang akan lebih banyak lagi hasil panen lewat sistim ini.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.