Bolmong Peringati HKN dan Peluncuran Program Literasi Digital Nasional Secara Virtual

0
371

Bolmong, Inatonreport.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melaksanakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 secara virtual.

Usai mengikuti upacara HKN, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekertaris Daerah Tahlis Gallang, serta jajaran pimpinan tinggi Pratama dilingkup Pemkab Bolmong melanjutkan dengan kegiatan Peluncuran Program Literasi Digital Nasional.

Kedua kegiatan tersebut berlangsung secara virtual, Kamis(20/5), di Pendopo Kantor Bupati Bolmong, Lolak.

Kegiatan ini, ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bolmong, Jenli Mongilong, merupakan momentum yang penting bagi bangsa ini.

“Peringatan Hari Kebangitan Nasional ke-113, Dinas Kominfo akan membangun dan mengembangkan 13 aplikasi baik untuk kebutuhan administrasi pemerintahan maupun untuk layanan publik kepada masyarakat,” kata Jenli.

Lebih lanjut dia menjelaskan, aplikasi tersebut diantaranya : Pembuatan perpustakaan online dan sistem arsip digital, Membangun aplikasi pariwisata dan potensi-potensi daerah yang terintegrasi berbasis Geographic Informating System (GIS).

Adapula, Sistem Informasi dan Layanan Publik sampai di wilayah Desa dan Kecamatan dengan memanfaatkan infrastruktur TIK, diantaranya untuk Layanan Pencatatan Sipil serta pengurusan perizinan serta pengembangan aplikasi transaksi keuangan secara Cashless dengan memanfaatkan Merchant serta lembaga keuangan lainnya seperti agen perbankan yang ada di Desa, terangnya.

Dalam membangun dan mengembangkan aplikasi, tambahnya, Dinas Kominfo akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas badan terkait.

Selanjutnya untuk menindaklanjuti amanat Presiden dalam peluncuran literasi digital nasional, maka BPSDM Kemenkominfo bersama Dinas Kominfo Bolmong akan melaksanakan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Juni 2021 bertempat di Hotel Sutanraja. Kegiatan itu nantinya akan melatih 50 pelaku usaha kecil dari seluruh wilayah Bolaang Mongondow untuk bisa memasarkan produknya secara online dalam platform e-Commerce.

“Terkait dengan Program nasional Digital Talent, saat ini staf dinas kominfo sudah mengikutsertakan 9 orang dalam program Digitalent dengan spesifikasi keahlian Network engineering, cyber security, Decoding serta Smartcity dan lain-lain,” tukasnya.

*Adve

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.