Bantu Panen Padi, Babinsa Bersama Petani Menjaga Hanpangan Di Wilayah

Bolmong3 Views

B O L M O N G – Dalam upaya menjaga Ketahanan Pangan di masa Pandemi Covid-19, Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Serda Sabarudin Sitepu membantu petani Desa Tungoi Satu Kecamatan Lolayan panen padi di lahan seluas satu hektar, Rabu (30/06/2021).

Serda Sabarudin Sitepu baru saja mendapatkan Sprint atau Surat Perintah sebagai Babinsa di Koramil 1303-04/Lolayan dan langsung terjun ke wilayah untuk membantu petani panen padi dilahan milik Bapak Gusril Lewan (52 tahun).

Hal ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat demi mewujudkan swasembada pangan nasional.

Terik dan panasnya matahari yang menyengat kulit tidak menyurutkan semangat Serda Sabarudin untuk berbaur dengan petani.

Saya ikhlas membantu Bapak Gusril, karena ini merupakan sebagian tugas saya selaku Babinsa, serta wujud kemanunggalan TNI dan rakyat yang harus saya laksanakan sebagai tindak lanjut dari perintah komandan,” ucap Babinsa.

Menurut Serda Sabarudin, harapan para Babinsa saat turun ke sawah dalam membantu petani agar dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi para petani di wilayah binaan.

“Kebersamaan di sawah kiranya dapat menciptakan rasa kedekatan dan rasa kekeluargaan kami dengan warga binaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Danramil 1303-04/Lolayan Kapten Czi Sardi Oni Mamonto SH menerangkan, agar program ketahanan pangan (Hanpangan) dapat tercapai, maka para Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan wajib selalu melakukan pendampingan di lapangan.

Pendampingan di lapangan ini untuk memberikan arahan dan motivasi tinggi kepada para petani, agar dapat mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.

“Tidak hanya pada masa panen seperti ini saja, akan tetapi Babinsa melaksanakan pendampingan pertanian mulai dari masa olah lahan, masa tanam, masa perawatan, dan masa panen,” ujar Danramil.

Sementara itu, Bapak Gusril Lewan selaku pemilik lahan mengucapkan terima kasih karena berkat bantuan dan pendampingan dari Babinsa Koramil 04/Lolayan, ia bisa merasakan hasil panen yang lebih baik.

“Dengan adanya kegiatan pendampingan dari Babinsa, hasil panen tahun ini meningkat,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.