Bersihkan Gulma, Bentuk Kepedulian Babinsa Dalam Meringankan Beban Petani

0
103

B O L T I M – Sarana efektif untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan serta terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat dapat dilakukan di manapun tempat dan pada kegiatan apa saja.

Implementasi nyata di lapangan, seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1303-05/Kotabunan Koptu Rusdin Mamonto.

Terlihat pada kesempatan saat ini Babinsa Desa Bulawan Induk Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tersebut sedang melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian yakni membantu warga binaan membersihkan rumput di sela-sela tanaman kacang tanah, Senin (28/06/2021).

Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan sendirian akan tetapi bersama-sama dengan pemilik lahan yaitu Bapak Ahadin Paputungan.

Menurut Babinsa, kegiatan pendampingan dalam bidang pertanian yang diberikan merupakan tugas Babinsa untuk ikut serta dalam menjaga Ketahanan pangan. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dalam membantu meringankan beban petani.

Babinsa Koptu Rusdin Mamonto menjelaskan, bahwa tujuan dari pembersihan rumput atau Gulma disela-sela tanaman kacang tanah tersebut agar tanaman bisa tumbuh subur tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan.

“Dikarenakan rumput liar dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman kacang tanah tersebut,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.