Tahlis Sebut Perkebunan Sumbang PDRB Terbesar Bolmong

0
57

Bolmong, Inatonreport.Com – Bappeda Bolmong menggelar Focus Group Discussion tentang kajian pengembangan UMKM dan Home Industri Sektor Perkebunan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (9/9/2021).

Membuka kegiatan FGD Sekertaris Daerah Tahlis Gallang. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bappeda menghadirkan pembicara tenaga ahli dari Universitas Sam Ratulangi Prof. DR. Ir. Jeanne Paulus, M.Si DR, Ir. Theodora M. Katiandagho, M.Si, DR. Ir. Gene. H. M. Kapantow, M.Ikom, M.Sc dan DR. Ir. Grace A.J. Rumagit, M.Si.

Tahlis saat membuka kegiatan ini, menyatakan bahwa sektor perkebunan memberikan kontribusi yang besar terhadap PDRB Kab.Bolmong.

Dikatakannya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan home industri merupakan salah satu sektor unggulan yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan daerah pada khususnya.

UMKM dan Home Industri sektor perkebunan mencakup berbagai macam bentuk usaha yang memanfaatkan sumber daya alam dan bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan/ usaha lainnya.

Tahlis mencontohkan kelapa sebagai salah produk perkebunan yang selama ini hanya dijual daging kelapa sebagai produk kopra. Dan cara pengolahannya pun masih sederhana.

Dengan adanya UMKM maka dapat diolah pula menjadi produk turunannya, ujar dia.

“Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam harus diselenggarakan, dikelola, dilindungi dan dimanfaatkan secara terencana, terbuka, terpadu, professional dan bertanggung-jawab, sehingga mampu meningkatkan perekonomian rakyat, bangsa dan negara,” kata Tahlis.

Kegiatan ini, lanjut dia, merupakan FGD yang ke tiga atau tahapan terakhir dalam peyusunan dokumen kajian.
Pertemuan ini menjadi penting dalam rangka membangun sinergitas dan kesamaan persepsi serta komitmen bersama.

Dia menambahkan, kegiatan ini penting untuk membangun kinerja yang inovatif dan berdaya saing guna menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Tahlis berharap penyusunan dokumen kajian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya petani serta pelaku usaha UMKM dan Home Industri.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.