Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow Buka Latsar CPNS Bolmong

0
43

Bolmong, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow membuka kegiatan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkab Bolmong, Rabu (13/10/2021).

Pelaksanaan Latsar CPNS tahun 2021 bertempat di Gedung Bagas Raya Yayasan Abdi Karya (YADIKA) Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Bolmong. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam pembukaan Latsar CPNS tahun 2021, Sekertaris Daerah Kab.Bolmong Tahlis Gallang, Asisten III Setda Bolmong Ashari Sugeha, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kesehatan.

Bupati dalam pembukaan Latsar menyatakan pentingnya Latsar yang akan diikuti oleh CPNS Bolmong formasi tahun 2019 lalu.
“Pelatihan dasar CPNS adalah syarat wajib yang harus diikuti oleh calon pegawai negeri sipil,” kata Yasti.

Lebih jauh kata dia, PNS merupakan unsur utama sumber daya manusia dalam sebuah birokrasi. “Dimana PNS yang saat ini kita sebut sebagai aparatur sipil negara (ASN) mempunyai peran penting dan strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” tutur Yasti.

Latsar CPNS ini, tambah dia, dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika calon PNS.

Selain itu, tujuan dari Latsar adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan. Disamping itu, Latsar juga dapat membangun karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, serta membangun profesionalisme dan kompetensi bidang.

Latsar CPNS tahun 2021 menurut Kepala BKPP Bolmong Umaruddin Amba dilaksanakan dengan dua tahap dan dua gelombang. Hal ini disebabkan kondisi pandemi Covid-19.

Latsar yang diikuti oleh 174 peserta dibagi dalam 2 tahap yaitu 21 hari on kampus dan 30 hari off kampus di instansi masing-masing CPNS. Latsar ini juga kata dia, dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama 14 Oktober sampai 1 Desember 2021 dan gelombang kedua 4 November sampai 22 Desember 2021.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.