Puluhan Personil Kodim Bolmong Laksanakan Samapta Periodik

0
344

KOTAMOBAGU – Puluhan anggota Kodim 1303/Bolaang Mongondow mengikuti tes Kesamaptaan periodik yang bertempat di Asrama Militer Kodim 1303/Bolmong Kota Kotamobagu, Rabu (13/10/2021).

Perwira Seksi Personalia (Pasi-Pers) Kodim 1303/Bolmong Kapten Inf Jansen Neang menjelaskan, Kegiatan samapta periodik ini merupakan program dari Komando atas untuk mengukur tingkat dan kondisi kebugaran personel. Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan, apabila memenuhi syarat medis maka personel akan dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk materi tes samapta meliputi, Kesegaran A (lari 12 menit), Kesegaran B antara lain pull up, sit up, push up, lunges dan shuttle run serta ketangkasan renang.

“Tes Samapta hukumnya wajib diikuti oleh seluruh prajurit dan kepada seluruh personel agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dengan selalu memperhatikan faktor keamanan, sehingga dalam pelaksanaan samapta periodik ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib,” ujar Pasi-Pers.

Dikatakannya, selain sebagai tolak ukur kemampuan fisik untuk menunjang kesiapsiagaan satuan, Tes Samapta ini juga sebagai sarana untuk menjaga kebugaran jasmani.

“Tujuan pelaksanaan tes samapta ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan samapta jasmani personel militer. Selain itu, melalui Tes Samapta seperti ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar sehingga menunjang pelaksanaan tugas pokok Komando kewilayahan dalam hal ini Kodim 1303/Bolmong,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.