Bupati Bolmong Buka FGD BPS

0
201

BOLMONG. Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, membuka kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan forum group discussion (FGD) pembinaan sektoral pengumpulan data publikasi kabupaten Bolmong dalam angka. Digelar di Hotel Sutan Raja, Kotamobagu, Kamis (17/2/2022) diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Bolmong.

Turut dihadiri, Bupati Yasti Mokoagow, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu SH MH, Perwakilan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Kotamobagu.

Bupati Yasti dalam kesempatan itu, berpesan kepada peserta FGD untuk dapat mengikuti dengan serius dan betul sungguh – sungguh. Sebab ini menyangkut data dimana berbeda data tentu akan memberikan penilaian yang berbeda.

Meski begitu, Yasti meminta pihak BPS Bolmong untuk bersinergi lebih baik lagi dengan Pemkab Bolmong untuk penyajian data statistik.

“Saya meminta pihak BPS Kabupaten Bolmong untuk menyamakan persepsi, metode dan konsep dalam pengumpulan data statistik sektoral,” katanya.

Sehingga, lanjut Yasti, akan tersaji data publikasi Kabupaten Bolmong dalam angka yang lebih sinkron, akurat dan tepat waktu melalui aplikasi sinkron data statistik sektoral.

Yasti juga berharap agar pihak BPS untuk selalu meng-update data setiap tiga bulan sekali.

“Sehingga data yang dirilis lebih cepat dan lebih akurat, sehingga akan terjadi hubungan antar variabel yang berbanding lurus dengan data yang ada,” tegas Yasti.

Dijelaskan Yasti, jika data yang ada tidak akurat bisa berakibat mengacaukan perencanaan pembangunan daerah.

“Dan melahirkan output yang tidak memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Bolmong,” ungkap  Yasti.

Ditempat yang sama, Kepala BPS kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Janny Maliangkay, SE menjelaskan kegiatan FGD tersebut untuk konfirmasi dan rekonsiliasi data statistik sektoral yang berasal dari Dinas/OPD, dilingkungan Pemkab Bolmong. Dimana untuk memastikan data sudah sesuai dengan data yang dikirim oleh Dinas/OPD.

“Ini penting agar  BPS tidak salah ketik dan Dinas juga tidak salah kirim data sebelum kami rilis pada publikasi Bolmong dalam Angka 2022,” tandasnya.

Selain FGD, kata Janny, BPS juga melaksanakan pencanangan Zona Integritas, yang ditetapkan langsung oleh Bupati, dan disaksikan oleh pihak Kepolisian Resor, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta didukung oleh stakeholder eksternal (Dinas/OPD Pemkab Bolmong.

“Iya Rilisnya nanti 25 Februari Website bolmong.kab.go.id, hari ini, BPS Bolmong melaksanakan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, yang dirangkaikan dengan Pembinaan Statistik Sektoral FGD Penyusunan  Bolmong Dalam Angka tahun 2022,” pungkasnya.  (*)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.