Pemda Boltim Pastikan Pantau Aktivitas PT APK

0
259

BOLTIM. Inatonreport.Com- PT Alam Persada Kencana (APK) gelar sosialisasi pengenalan penelitian pengambilan sampel potensi kandungan mineral bahan logam emas di pesisir pantai Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dengan metode alluvial menggunakan kapal keruk pasir, Rabu (2/2/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Camat Motongkad, itu, dihadiri Asisten I Setda Boltim Priyamos, S.H.,
Camat Kotabunan Frida Manoppo, S.H., Camat Motongkad Rosni Mamonto, SPd, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Nasarudin Paputungan,
Kepala Badan Kesbangpol Vera Sewow S.sos., Kabag SDA Hasirwan,
Kapolsek Nuangan AKP Sudarsono,
Babinsa Ramil 05/Kotabunan Serda.S.A.Siregar, Peserta sosialisasi yang terdiri dari Sangadi, BPD dan tokoh-tokoh masyarakat dari Desa
Motongkad Bersatu dan Molobog Bersatu, Kurniawan Humas PT Alam Persada Kencana, Amos Kenda Bagian Teknis PT Alam Persada Kencana, Ferry Siwi Konsultan PT Alam Persada Kencana dan Fredy Sumolang Konsultan Teknis.

Dalam pemaparannya, Konsultan Teknis Fredy Sumolang menjelaskan bahwa pengerukan tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat baik nelayan maupun penambang lokal yang menggunakan dompeng.

“Model pengambilan sampel dapat dilakukan dengan cara menyelam namun hanya akan mendapatkan material di permukaan saja, atau dengan menggunakan kapal
sehingga bisa mengambil material lebih dalam. Lama pengambilan sampel selama dua tahun karena akan diambil dari semua titik di sepanjang pantai Kabupaten Boltim,” terang Sumolang.

“Kita akan gunakan tenaga kerja lokal untuk dipekerjakan di kapal,” sambungnya.

Terkait hal itu, Asisten I Priyamos, S.H., mengatakan akan mengawasi pelaksanaan pengambilan sampel oleh perusahan.

“Hari ini merupakan sosialisasi oleh perusahan PT Alam Persada Kecana terkait rencana pengambilan sampel guna penelitian kandungan mineral di pesisir pantai Boltim. Kami pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan dinas-dinas terkait akan mengawasi pelaksanaan pengambilan sampel oleh perusahan,” tegas Priyamos.

“Supaya tidak ada nantinya simpang siur informasi soal kegiatan, pemerintah daerah akan mengkaji betul-betul rencana penambangan pihak PT Alam Persada Kencana,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA), Hasirwan, mengatakan pihaknya akan mengawasi proses pengambilan sampel. “Kami bersama masyarakat akan mengawasi proses
pengambilan sampel ini,” pungkasnya.

Abdi

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.