Bupati Bolmong Buka Musrenbang RKPD 2023 Tingkat Kabupaten

0
78

BOLMONG, Inatonreport.Com – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembagunan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Kegiatan dilaksanakan di pendopo Kantor Bupati Bolmong, Kamis (31/3/2022), dihadiri Kapolres Bolmong, pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Bolmong dan Camat.

Menurut Bupati, berdasarkan UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional, setiap perencanaan pembangunan dari tingkat desa sampai nasional dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan.

“Musrenbang RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2023 yang kita laksanakan hari ini, mempunyai makna penting serta bertujuan untuk mendapatkan berbagai masukan,” kata Yasti.

Ini dimaksudkan untuk mendapatkan berbagai masukan terhadap penyempurnaan rancangan RKPD. RKPD memuat prioritas pembangunan daerah serta Pagu pendanaan indikatif berdasarkan fungsi perangkat daerah, lanjut Yasti.

Disamping itu, penyusunan RKPD juga bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan prioritas pembangunan provinsi serta nasional.

Lebih lanjut ujar dia, RKPD juga dikelompokkan mana program dan kegiatan yang merupakan kewenangan pemerintah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang tingkat kecamatan.

Bupati menjelaskan pentingnya kegiatan hari ini, dimana kata dia, dokumen RKPD ini sangat penting, mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Pertama menjadi landasan penyusunan APBD tahun 2023, kedua memuat arahan untuk peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat dan ketiga menjadi instrumen evaluasi kinerja, terangnya.

Pada kesempatan ini, Yasti juga berpamitan kepada seluruh yang hadir sebab ini merupakan kali terakhir dia mengikuti kegiatan Musrenbang penyusunan RKPD 2023. Dimana kata Yasti, pada 22 Mei 2022 mendatang dia dan Wakil Bupati Yanni Ronni Tuuk akan menyelesaikan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolmong.

Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.