Babinsa Bantu Petani Desa Tolotoyon Bajak Sawah

0
260

B O L S E L — Dalam pengolahan sawah, membajak adalah suatu kegiatan yang dilakukan para petani untuk menggemburkan lahan pertanian sebelum memasuki masa tanam, seperti yang dilakukan oleh Sertu Sangkala salah seorang Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian yang dengan cekatan turun ke sawah.

Sertu Sangkala membantu petani membajak sawah milik Imran Simbala (39) yang merupakan salah seorang kelompok tani (Poktan) “Tunas Harapan” di Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu (06/07/2022).

Plh Danramil 1303-06/Pinolosian Peltu Syukur mengatakan, Guna mendukung program ketahanan pangan di wilayah, para Babinsa harus turun langsung membantu petani mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami nantinya, pembibitan sampai dengan nanti saat panen.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya untuk mempercepat masa tanam. Agar lahan tidak ada yang terbengkalai begitu saja,” ujarnya.

Bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen para petani tahun ini akan akan meningkat, kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa.

“Selain mendampingi para petani supaya kehidupannya lebih sejahtera juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga tercapai program yang dicanangkan pemerintah tentang Swasembada Pangan Nasional,” tutur Danramil.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.