Raker Kesda Wujudkan Bolmong Sehat

0
226

BOLMONG, Inatonreport.Com – Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar rapat kerja kesehatan daerah (Raker Kesda). Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Hotel Sutanraja, Kotamobagu, Senin (12/9/2022).

Raker Kesda dihadiri Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut
dr. Debie Kalalo, MSc.PH.

Dalam penyampaiannya selama kurang lebih 1 jam, Limi banyak memberikan motivasi kepada para dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Menurut Limi, semangat dulu yang harus kita miliki. “Bukan jumlah tenaga dokter. Bukan banyaknya tenaga perawat dan bukan banyaknya rumah sakit dibangun. Tapi semangatlah yang harus terlebih dahulu kita miliki,” kata Limi.

Dia pun mengutip ucapan Bung Karno. Sang proklamator bangsa, Presiden RI yang pertama. “Berikan aku sepuluh orang pemuda, maka akan ku pindahkan Gunung Semeru.”

“Guru dan tenaga kesehatan adalah pelayan masyarakat. Kalianlah yang sesungguhnya paling dekat dengan rakyat,” ujar Limi.

Limi menginformasikan bahwa di wilayah Dumoga Raya akan dibangun sebuah rumah sakit tipe D. Dengan demikian, katanya, pelayanan kesehatan di Dumoga kedepannya tidak akan ada lagi masalah.

Selain itu, penjabat bupati juga minta kepada Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Julin Papuling, agar tahun depan sudah bisa melihat mana puskesmas-puskesmas yang masih kekurangan atau belum tersentuh baik itu sarana prasarana untuk bisa menjadi perhatian.

Sementara itu, menurut Kadis Kesehatan Bolmong untuk bisa mencapai “Bolmong Sehat” maka anak-anak perlu diberikan imunisasi lengkap dan masyarakat divaksin lengkap sampai dosis empat.

“Selain itu, kita perlu memantapkan gerakan hidup sehat agar kita terhindar dari segala macam penyakit tentunya,” ucap Julin.

Untuk tenaga kesehatan dan non kesehatan di Bolmong berjumlah 1.289 orang. Terdiri dari tenaga ASN 751 orang, PTT 327 orang dan tenaga NSI 55 orang.

Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.