Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka Kunjungi Makodim 1303/Bolmong

0
307

KOTAMOBAGU — Kodim 1303/Bolaang Mongondow menerima kunjungan Tim Wasrik dari Itdam XIII/Merdeka yang disambut langsung oleh Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos, Selasa (13/09/2022).

Rombongan Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka yang dipimpin oleh Kolonel Inf Ryan Heryawan bersama lima orang anggota membuka kegiatan Dengan Taklimat Awal pada kesempatan tersebut Ketua Tim membacakan amanat Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny R.I Masengi selaku penanggungjawab yang bertempat di Ruang Data Makodim 1303/Bolmong.

Kegiatan tersebut dalam rangka pengawasan Pre & Current Audit Triwulan III TA 2022 Itdam XIII/Merdeka, agar bisa menjadi lebih baik sesuai dengan petunjuk dan arahan Komando Atas.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Ryan Heryawan mengatakan, Kegiatan pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang harus dilaksanakan mulai tahap perencanaan, saat berlangsungnya kegiatan dan setelah kegiatan tersebut selesai sebagai sarana pengendalian pimpinan dalam suatu organisasi.

“Implementasinya di lingkungan Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan oleh Itdam XIII/Merdeka sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sesuai dengan tugas pokoknya yaitu membantu Pangdam XIII/Merdeka dalam menyelenggarakan pengawasan kinerja, perbendaharaan, dan khusus terhadap organisasi di jajaran Kodam XIII/Merdeka dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan tugas bantuan Kodam XIII/Merdeka,” ujar ketua tim Wasrik Itdam.

Adapun tujuan pengawasan adalah mewujudkan ketaatan dan ketertiban terhadap aturan yang berlaku agar tercapainya efektifitas, efisiensi dan ekonomis (2K3E) dan pencegahan dini terhadap kecurangan (Fraud) serta mewujudkan Good Government dan Clean Government.

“Untuk itu apabila dalam pelaksanaan pengawasan Pre & Current Audit ini masih ditemukan hal hal yang belum sesuai dengan aturan yang berlaku, saya minta kepada auditi untuk segera melaksanakan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan oleh para auditor,” ucap Ketua Tim.

Sementara itu, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker S.Sos dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka di Kodim 1303/Bolaang Mongondow. Dijelaskannya, bahwa kegiatan Wasrik ini memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi.

“Semoga kegiatan ini memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi, khususnya para pemangku jabatan Staf di Kodim 1303/Bolmong,” imbuh Dandim.

Kegiatan Wasrik pada hakikatnya merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi yang telah dicapai.

“Kepada Tim Wasrik Itdam XIII/Merdeka diharapkan mampu memberikan pencerahan dan solusi dalam peningkatan kualitas kinerja serta terwujudnya tertib administrasi yang menyangkut bidang Intel, Ops, Pers, Log dan Ter serta bidang perbendaharaan di satuan, sehingga pelaksanaannya dapat sesuai dengan ketentuan prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD,” tutur Dandim Bolmong.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Brigjen TNI Denny R.I Masengi (Irdam XIII/Merdeka), Kolonel Inf Ryan Heryawan (Ketua Tim), Letkol Inf Yefta Sangkakala S.Sos (Sekretaris Tim/Auditor), Letkol Cku Didin Saepudin (Tim Auditor), Letkol Kav Embi Triono ST Msi (Tim Auditor), dan Serka Frans Marpaung (Operator).

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.