Jadi Guru Sehari, Sertu Yusuf Tanamkan Wasbang Kepada Siswa

0
78

B O L S E L – – Tanamkan Nilai-nilai kebangsaan sejak dini kepada generasi penerus Bangsa, anggota Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-08/Bolaang Uki Sertu Muhammad Yusuf Saeni memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa dan siswi SMP Cokroaminoto Desa Salongo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu (30/11/2022).

Kegiatan yang dilakukan Babinsa tersebut merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh aparat Teritorial, guna menanamkan rasa cinta tanah air terhadap seluruh lapisan masyarakat atau generasi penerus bangsa, serta menumbuhkan semangat patriotisme membela Negara dan Bangsa Indonesia.

Kali ini, Sertu Yusuf berbagi ilmu pengetahuan tentang wawasan kebangsaan bersama para siswa dan guru-guru di sekolah tersebut dan juga mengingatkan bahaya akan tawuran antar pelajar serta penyalahgunaan obat obatan terlarang.

Agenda itu merupakan agenda rutin seorang Babinsa sebagai bentuk dari kegiatan komunikasi sosial di daerah binaannya.

Sertu Yusuf mengatakan, Dalam memberikan materi tentang wawasan kebangsaan harus dilakukan karena pemahaman ini sangatlah penting bagi setiap warga negara untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Pemberian materi wawasan kebangsaan tersebut juga disesuaikan dengan usianya, sehingga mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan para siswa,” ujar Sertu Yusuf.

Lanjutnya, wawasan kebangsaan adalah salah satu cara yang bisa digunakan anak bangsa dalam memandang diri dan lingkungannya untuk mencapai tujuan nasional.

“Hal itu mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945,” ucap Sertu Yusuf.

Diakhir pemberian materinya, Sertu Yusuf menuturkan, Dalam membela negara tidak harus berperang atau angkat senjata, tetapi dengan mengisi kegiatan-kegiatan yang positif guna membangun Bangsa.

“Salah satunya belajar dengan giat untuk meraih cita-cita setinggi langit, menanamkan Nilai-nilai kebangsaan sejak dini sangat diperlukan, agar mereka kelak dapat mengingat jasa-jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan yang sekarang dapat kita rasakan bersama saat ini,” tutur Babinsa.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.