Serda Donal Bantu Petani Jemur Padi di Desa Pinonobatuan Barat

0
158

B O L M O N G – – Disela-sela kegiatan pemantauan wilayah di Desa binaannya, anggota Bintara Pembina Desa atau Babinsa Koramil 1303-07/Dumoga Serda Donal A. Yura menyempatkan diri membantu petani menjemur padi.

Hal tersebut dilaksanakan bersama Riyan Wereh (45) yang merupakan salah seorang petani di Desa Pinonobatuan Barat Kec Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow, Rabu (01/02/2023).

Kegiatan pendampingan di bidang pertanian yang dilakukan oleh Babinsa terhadap petani tidak hanya disaat turun ke sawah saja. Akan tetapi setelah pelaksanaan panen, Babinsa juga masih pro aktif melaksanakan pendampingan. Sebagaimana dilaksanakan oleh Serda Donal A. Yura yang ikut serta membantu petani warga Desa binaannya saat melakukan penjemuran padi.

“Kita akan terus bersinergi bersama para petani untuk mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan Ketahanan pangan. Maka kegiatan pendampingan pertanian terus dilakukan dari masa turun ke sawah hingga selesai, saat penjemuran hasil panen juga kita akan tetap membantu,” ujar Babinsa.

Serda Donal A. Yura juga menjelaskan, penjemuran padi yang dilakukan oleh petani tersebut merupakan langkah dalam menjaga kualitas dan mutu padi. Ia juga selaku Babinsa setempat terus hadir dalam membantu para petani untuk memperoleh hasil pertanian yang lebih baik dan memuaskan.

“Seusai panen dan setelah dirontokkan, untuk menjaga kualitas padi ini agar tetap maksimal maka harus dijemur agar tidak lembab dan rusak. sehingga apabila tidak terjaga maka dapat menyebabkan menurunnya mutu padi pasca panen. Kita juga ikut membantu agar petani lebih bersemangat dan termotivasi,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.