Dandim Bolmong Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Samrat 2023

0
221

KOTAMOBAGU – – Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondow Letkol Inf Topan Angker, S.Sos menghadiri kegiatan Apel gelar pasukan dalam rangka operasi ketupat samrat 2023 yang bertempat di Lapangan Aruman Jaya Kelurahan Motoboi Kecil Kota Kotamobagu, Senin (17/04/2023).

Dengan mengangkat tema “Mudik Aman Berkesan” turut dihadiri Ir Hj Tatong Bara (Walikota Kota Kotamobagu), AKBP Dasveri Abdi SIK (Kapolres Kotamobagu), Kompol Afrizal Nugroho SIK SH MH (Wakapolres Kota Kotamobagu), Kapten Cpm Asrianto (Dansubdenpom XIII/1-4 Bolmong), Bendesa Mas Sutriana (Mewakili Kepala Jasa Raharja Kotamobagu), Sahaya S. Mokoginta M.E. S.STP (Kasat Pol PP Pemerintah Kota Kotamobagu), Drs Usman Mamonto (Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Kotamobagu), Anjar Widyatama (Kepala PLN Kotamobagu), serta seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama yang menghadiri gelar apel pasukan.

Dalam sambutan Kapolri Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

“Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April s.d. 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 s.d. 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 s.d. 9 Mei 2023,” ujar Tatong.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos.

“Untuk memastikan operasi berjalan dengan optimal, Polri akan membagi 5 wilayah pengendalian utama di Pulau Sumatera – Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai Posko Operasi Terpusat. Posko tersebut didukung oleh berbagai kemampuan, sehingga setiap perkembangan situasi di lapangan bisa termonitor secara real time,” ucap Walikota.

Sementara itu, Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf Topan Angker, S.Sos Menyikapi hal ini diperlukan sinergitas kita bersama untuk meningkatkan kesiapsiagaan, dalam menghadapi terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri, mari kita mantapkan kerjasama dan sinergitas untuk satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi Ketupat Samrat 2023, sehingga dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kelancaran bagi masyarakat yang merayakan lebaran tahun ini.

Kodim 1303/Bolaang Mongondow juga menyatakan mendukung penuh kegiatan Operasi Ketupat Samrat yang digelar Polres Kota Kotamobagu.

“Kami menyiagakan seluruh personil dalam membantu pengamanan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah di wilayah Bolaang Mongondow raya,” tutur Dandim.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.