Kasdim Bolmong Hadiri Upacara Hardiknas 2023 di Lapangan Motoboi Kecil

0
254

KOTAMOBAGU – – Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Arh Achmad Janis menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kartini Ke- 144 dan Hari Otonomi Daerah Ke- 27 di lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil Kota Kotamobagu, Selasa (02/05/2023).

Upacara Hardiknas tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” yang dihadiri oleh Ir. Hj. Tatong Bara (Walikota Kota Kotamobagu), AKBP Dasveri Abdi, S.I.K (Kapolres Kotamobagu), Tommy Marly Mandagi, S.H (Mewakili Pengadilan Negeri Kotamobagu), Sofyan Mokoginta, S.H (Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Kotamobagu), Kapten Cpm Asrianto (Dansub Denpom XIII/1-4 Bolmong), Lettu Inf K.P Simanjuntak (Dankipan C Yonif 713/Satyatama), Nasli Paputungan, S.E (Asisten 1 Pemerintah Kota Kotamobagu), Sitti Rafiqah Bora (Asisten 2 Pemerintah Kota Kotamobagu), H. Muhammad Agung Adati, S.T, M.Si (Asisten 3 Pemerintah Kota Kotamobagu), serta ratusan guru guru se-Kota Kotamobagu.

Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, Para guru sekarang berlomba lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar dimana dulu para guru terikat dengan peraturan yang kaku dan sekarang sudah bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

“Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter yang berkompetensi seleksi masuk ke perguruan tinggi dengan hadirnya program program kampus merdeka,” ucap Walikota.

Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya kita rayakan bersama dengan penuh syukur dan semarak karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita. Hari Pendidikan tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi.

“Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang benar benar dalam belajar dan bercita-cita. Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan Pendidikan yang memerdekakan,” tutur Walikota Kotamobagu.

Sementara itu, Kasdim 1303/Bolmong Mayor Arh Achmad Janis menyampaikan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas adalah hari yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia setiap tanggal 02 Mei untuk memperingati hari kelahiran dan menghormati jasa Ki Hajar Dewantara.

“Bukan tanpa alasan, sejarah Hari Pendidikan Nasional tak lepas dari sosok dari Ki Hajar Dewantara yang merupakan pelopor Pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia di era kolonialisme,” ucap Kasdim.

Saat ini, kita tidak dapat lari dari perkembangan jaman dan teknologi, namun yang paling penting adalah bagaimana upaya kita untuk mengolah teknologi menjadi bermanfaat bagi seluruh bidang dan sendi kehidupan bangsa, salah satunya di dunia Pendidikan.

“Dengan momentum Hardiknas kali ini, dapat kita artikan untuk mencapai tujuan merdeka belajar. Semua pihak harus bekerja sama dan bergerak bersama dalam meningkatkan kualitas yang sesuai dengan tema kali ini BERGERAK BERSAMA SEMARAKKAN MERDEKA BELAJAR,” ujar Kasdim Bolmong.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.