Wali Kota Tatong Bara Ikuti Prosesi Adat Poponagan Kon Komalig Moloben

0
43

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara mengikuti prosesi Adat Poponagan Kon Komalig Moloben atau Prosesi Adat meninggakan Rumah Jabatan Wali Kota Kotamobagu, Sabtu (23/9/2023).

Pelaksanaan prosesi adat tersebut diawali dengan kunjungan Orang Tua Adat dari Kelurahan Matali di Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu yang diterima Tua Adat Komalig Moloben, untuk menyampaikan bahwa Tua Adat dan Keluarga sudah siap menerima kedatangan Wali Kota di tengah – tengah Keluarga.

Prosesi dilanjutkan dengan penyampaian maksud kedatangan Tua Adat dari Kelurahan Matali oleh Tua Adat Komalig Moloben kepada Wali Kota Kotamobagu.

Wali Kota Kotamobagu menerima dan mempersilahkan untuk melanjutkan prosesi adat Poponagan Kon Komalig Moloben, dimana selanjutnya Wali Kota dengan didampingi oleh Tua Adat perempuan yang dituakan dalam keluarga serta disaksikan oleh Pemerintah, Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat, menginjakkan kaki serta berjalan pada Tolatak Sinontanday atau Tangga Kebesaran Adat.

Prosesi adat ini diawali dengan Insingog in Poponagan oleh Tua Adat.
Setelah melewati Tolatak Sinontanday, Wali Kota diantar menuju kendaraan untuk kemudian menuju ke rumah kediaman di Kelurahan Matali didampingi Tua Adat dan pemerintah.

Sesampai di rumah kediaman di Kelurahan Matali, Wali Kota Kotamobagu disambut oleh Tua Adat Kelurahan Matali bersama keluarga dan kemudian kembali berjalan melewati Tolatak Sinontanday sebelum memasuki kediaman.

Selanjutnya Tua Adat Komalig Moloben menyampaikan bahasa adat bahwa saat ini Wali Kota telah diantar secara adat dan kembali ke tengah – tengah keluarga serta menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya dan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Kotamobagu atas keberhasilannya selama memimpin Pemerintahan Kota Kotamobagu.

Seluruh prosesi adat Poponagan Kon Komalig Moloben ini diakhiri dengan doa syukuran / Mintahang yang dilaksanakan di Kediaman Orang Tua Wali Kota Kotamobagu di Kelurahan Matali. (*/Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.