Disaksikan Pj Wali Kota, Disnaker Kotamobagu dan PT Dewa Aksara Nusantara Teken MoU PKS

0
15

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani menyaksikan penandatangan PKS tentang pendidikan dan pelatihan bahasa asing dalam rangka penyiapan sumber daya manusia kompeten untuk pemenuhan bursa kerja ke luar negeri.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut ditandatangani Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu, Johan Sofian Boulu S.E., M.E dan Direktur PT. Dewa Aksara Nusantara, Gegi Hartoyo, Kamis (11/1/2024), di Jakarta.

“Maksud dilaksanakannya perjanjian kerjasama ini adalah kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan bahasa asing serta pelatihan persiapan magang dan kerja ke luar negeri,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu, Johan Sofian Boulu.

Lebih lanjut Jihan menambahkan, tujuannya meningkatkan kompetensi calon pemagang dan pekerja Migran Indonesia melalui pendidikan bahasa asing.

Selain itu membantu calon pemagang dan pekerja migran Indonesia mendapatkan pekerjaan dan kompetensinya dan aman. Juga membantu pemerintah Kota Kotamobagu dalam rangka mengurangi pengangguran, menghasilkan devisa bagi negara, dan meningkatkan koordinasi pelaksanaan program peningkatan sumber daya manusia,” ujarnya.

Ini juga merupakan program G To G antara Indonesia dan Jepang, dimana nantinya mereka yang dinyatakan memenuhi syarat pada program ini adalah bekerja di Jepang.

“Untuk Tahun ini akan di upayakan 100 orang dapat di ikutkan sertakan dalam mengikuti Pendidikan dan Pelatihan. Dimana yg masuk rangking 10 besar akan di biayai oleh Pemerintah Kota Kotamobagu dan sisanya akan di fasilitasi oleh PT. Dewa Aksara Nusantara melalui dana talangan. Dan bagi warga masyarakat Kota Kotamobagu yg berminat agar supaya dapat mendaftarkan diri dalam proses perekrutan di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu,” terangnya.

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta S.H., M.E., Asisten 3 Pemerintah Kota Kotamobagu, Moch. Agung Adati, S.T., M.E., serta pihak PT. Dewa Aksara Nusantara, turut menyaksikan penandatanganan PKS. (*/Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.