Pj Wali Kota Resmikan Gedung Baru Perpustakaan Kotamobagu

0
53

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Setelah lama dinanti, akhirnya gedung baru kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kotamobagu resmi beroperasi. Peresmian dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Asripan Nani, Jumat (8/3/2024).

Gedung baru perpustakaan menelan anggaran hingga 15 miliar rupiah dari bantuan Perpustakaan dan Kearsipan Nasional Republik Indonesia.

Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Dra. Mariana Ginting, M.M, turut menghadiri peresmian Gedung Perpustakaan Daerah Kota Kotamobagu.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kotamobagu, Ham Rumoroy melaporkan bahwa tahapan pembangunan gedung perpustakaan dimulai sejak tahun 2022.

Dengan total anggaran mencapai 15 miliar 350 juta rupiah dari APBD dan dana alokasi khusus. “Gedung ini dibangun sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan literasi dan akses informasi bagi masyarakat,” kata Rumoroy.

Dengan diresmikannya gedung Perpustakaan Daerah, Pj Wali Kota menyatakan pentingnya literasi dalam menghadapi masa depan. Terutama budaya minat baca masyarakat, khususnya mahasiswa.

Dengan berbagai inovasi layanan perpustakaan, diharapkan masyarakat dapat mengakses pengetahuan dengan lebih mudah, tandasnya.

Disisi lain, Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI, Mariana Ginting menegaskan pentingnya literasi dalam pembangunan inklusif.

“Saat ini berbagai layanan digital dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi perpustakaan, serta program pengembangan koleksi buku yang lebih modern dan relevan. Kami akan memberikan akses ini juga ke Perpustakaan Kotamobagu,” tutur Mariana. (Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.