Gebyar Mongulipot Desa Mopait Dihadiri Pj Bupati Bolmong

0
138

BOLMONG, Inatonreport.Com – Gebyar Mongulipot yang dirangkaikan dengan Halal bi Halal Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow berlangsung meriah, Kamis (18/4/2024).

Acara yang turut dihadiri Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit, Kapolres Bolmong, Dandim 1303 Bolmong, serta pejabat teras Pemkab Bolmong merupakan tradisi tahunan di Desa Mopait.

Dikesempatan ini, Pj Bupati menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya Idhul Fitri “Minal aidin wal faidzin”. Mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh komponen masyarakat di Kecamatan Lolayan, lebih khusus kepada masyarakat Desa Mopait.

“Bulan suci Ramadhan telah mengasah keimanan dan ketaqwaan kita. Dimana, kita mampu meningkatkan kualitas, intensitas ibadah, meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan berinfaq dan bersedekah,” kata Limi.

Festival Mongulipot memanfaatkan kearifan lokal yang menjadi budaya masyarakat. Yaitu Kolipot berupa daun yang harum baunya dan disenangi orang sebagai bahan pembungkus nasi. Kearifan lokal ini yang menjadi inspirasi digelarnya Festival Mongulipot, lanjut dia menerangkan asal muasal digelarnya kegiatan festival ini.

Kegiatan ini diakhiri dengan mengunjungi setiap stand. Disetiap stand Bupati dan rombongan mencicipi makanan yang disajikan.

Festival kali ini, rombongan Bupati dan tamu undangan disuguhi berbagai tampilan tarian kreasi dari masyarakat setempat. Tampilan tarian kreasi menjadi suguhan yang menarik buah karya putra daerah. (Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.