Pj Bupati Jusnan Mokoginta Diterima dengan Prosesi Adat Masuk Rumah Jabatan Bupati

BOLMONG, Inatonreport.Com – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow dr.Jusnan.C.Mokoginta.MARS diterima secara adat saat memasuki rumah jabatan Bupati Bolaang Mongondow di Lolak, Rabu (29/5/2024).

Prosesi adat yang dilaksanakan hari ini, tidak hanya untuk menjemput Pj Bupati Jusnan Mokoginta. Melainkan juga, dibarengi dengan upacara adat melepas Pj Bupati Limi Mokodompit yang telah berakhir masa tugasnya sebagai Penjabat Bupati Bolaang Mongondow.

Sebelum upacara adat menerima Pj Bupati Jusnan Mokoginta, terlebih dahulu dilakukan upacara adat melepas Pj Bupati sebelumnya Limi Mokodompit. Limi Mokodompit akan melanjutkan tugasnya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara.

Setibanya di pintu gerbang Rumah Jabatan Bupati Bolmong, Jusnan disambut dengan itum-itum oleh tokoh adat. Dilanjutkan prosesi jemputan dengan Tari Tuitan.

Jusnan kemudian diantar untuk melewati jembatan yang terbuat dari bambu kuning dengan hiasan janur kuning. Selanjutnya memasuki rumah jabatan dilanjutkan beberapa prosesi adat lainnya.

Sekretaris Daerah Bolmong Abdullah Mokoginta membawakan sambutan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Dalam sambutannya Abdullah mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini yakni penerimaan secara adat Penjabat Bupati Jusnan.C.Mokoginta dan melepas Penjabat Bupati sebelumnya Limi Mokodompit.

Abdullah mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Bolmong Jusnan Mokoginta dengan begitu banyaknya agenda bisa meluangkan waktu untuk menghadiri acara penjemputan adat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Adapun Pj Bupati Jusnan Mokoginta membuka sambutannya dengan pantun. Dalam pantunnya, Jusnan menyebut dua tokoh didalamnya, yakni Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta (Papa Arum) dan Pj Bupati sebelumnya Limi Mokodompit (Papa Fahmi).

Jusnan menceritakan sekilas kisahnya, bagaimana dia dekat dengan Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan Limi Mokodompit. Dimana, dia dan Limi pernah berikrar untuk kembali ke Bolmong untuk mengabdikan diri mereka di tanah kelahiran. Pada saat itu, Jusnan dan Limi menjadi abdi negara di daerah lain, Limi Mokodompit di Papua dan Jusnan di Maluku. Akhirnya, ikrar mereka pun terwujud dipercayakan sebagai Penjabat Bupati Bolmong.

Jusnan menyatakan bahwa dilantiknya dia sebagai Pj Bupati adalah amanat UU. Dimana, setelah berakhirnya tugas Bupati maka akan ditunjuk Penjabat Bupati untuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Alhamdulillah dengan proses yang cukup panjang. Melalui proses di Kemendagri dan atas persetujuan presiden, turunlah Surat Keputusan Mendagri yang menunjuk dan menegaskan bahwa masa jabatan penjabat lama selama 2 tahun telah berakhir dan ditunjuklah penjabat bupati yang baru selama satu tahun kedepan,” kata Jusnan.

“Ini adalah perintah kepada kami sebagai aparatur negara dari Bapak Gubernur sebagai perwakilan dari Pemerintah Pusat untuk melaksanakan tugas-tugas pembantuan di kabupaten,” tambahnya.

Sementara itu, Limi Mokodompit dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dan masyarakat yang ikut membantu pelaksanaan tugas selama memangku jabatan sebagai Penjabat Bupati Bolmong.

Limi mengakui banyak yang telah diraih termasuk banyak penghargaan yang diterima. Namun, ada juga yang belum sempat dilaksanakan. Untuk itu, dia meminta maaf.

Mengakhiri sambutannya, Limi mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah untuk mendukung tugas dari Penjabat Bupati Bolmong yang baru. Dengan sinergitas bersama maka akan terwujud Kabupaten Bolaang Mongondow yang lebih sejahtera dan maju. (Advertorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.