Pj Bupati Limi Mokodompit Hadiri Musrenbang Nasional Penyusunan RKP 2025

0
57

BOLMONG, Inatonreport.Com – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit menghadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Limi Mokodompit didampingi sejumlah pejabat teras Pemkab Bolmong termasuk Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong Mutu Mokoginta.

Menurut Mutu, Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 bertema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

“Musrenbangnas 2024 menjadi momentum Presiden RI Joko Widodo menyampaikan arahan penting terkait perencanaan pembangunan nasional,” kata Mutu melalui pesan singkat saat dimintai keterangan usai mengikuti Musrenbangnas.

Telah ada rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah, dan juga RKP, tetapi yang terpenting adalah sinkronisasi. Sinkronisasi menjadi kunci dari level kementerian sampai daerah, lanjut dia.

“Rancangan Awal RKP Tahun 2025 telah memuat agenda penting yang mengacu pada Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, termasuk beberapa agenda program Presiden Terpilih,” ujar Mutu.

Lebih jauh dia menjelaskan, Rekap mengusung prinsip dasar, yaitu harmonisasi program pusat dan daerah, orientasi hasil yang produktif, serta akurasi sasaran dan strategi alokasi anggaran.

Dari keterangan yang diperoleh, acara ini dihadiri oleh seluruh Kementerian/Lembaga, Gubernur, Sekdaprov, Bupati/Walikota, Sekda Kab/Kota. (Ridwan)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.