Pemkot Kotamobagu Memeringati Hari Lahir Pancasila dengan Upacara Bendera

KOTAMOBAGU, Inatonreport.Com – Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Upacara bendera Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di alun-alun Boki Hotinimbang, Sabtu (1/6/2024), dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kotamobagu, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK, Pejabat teras Pemkot Kotamobagu, ASN,TNI dan Polri.

Memeringati Hari Lahir Pancasila Penjabat Wali Kota membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan Suku, Agama, Budaya, dan Bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang Maju, Mandiri dan Berdaulat,” kata Asripan.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa kita patut mensyukuri nikmat sebagai sebuah bangsa yang majemuk. Pancasila dan nilai – nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa untuk Bangsa Indonesia,” kata Pj wali kota.
Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai – nilai Inklusivitas, Toleransi, dan Gotong Royong. “Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam Identitas Nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Pj wali kota mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Dia mengatakan bahwa semua elemen bangsa harus bekerja sama dan berkolaborasi. Menjaga Kerukunan dan Keutuhan adalah wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang Maju, Adil, Makmur, dan Berwibawa di kancah dunia,” cecarnya.
(Ridwan/Advertorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.