KPU Bolmong Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Pemilih Pemula di Kecamatan Dumoga Tengah

Bolmong, Terkini454 Views

BOLMONG, Inatonreport.Com – Komisi Pemulihan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow sentuh pemilih pemula di Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024.

Kali ini, KPU Bolmong melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kosio Timur, Kecamatan Dumoga Tengah, Sabtu (13/7/2024).

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow tahun 2024, kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bolmong Jalaludin Koesasi.

Menurut Koesasi, pemilih pemula memberikan suara terbesar dalam Pilkada sehingga perlu mendapat sosialisasi sekaligus pendidikan pemilih.

“Pemilih pemula merupakan bagian generasi penerus bangsa. Maka dari itu wajib untuk mengetahui tentang proses pemilihan sejak dari usia 17 tahun. Dengan demikian mereka akan lebih memahami proses dari tahapan Pilkada,” katanya.

Koesasi menambahkan, dari survei yang ada, generasi milenial memberikan suara paling terbesar dalam pemilihan yaitu di angka 30 sampai 40 persen.

Dia mengingatkan pentingnya menghindari praktik-praktik yang merusak demokrasi, seperti politik uang dan intimidasi. Hal itu perlu untuk menjaga integritas kontestasi politik di daerah Bolmong.

Pemilih pemula tidak hanya boleh menjadi alat politik, tetapi harus menjadi agen perubahan yang aktif dalam kesuksesan pelaksanaan Pilkada nanti.

Koesasi menyatakan sosialisasi ini di mulai dari Kecamatan dumoga tengah, yang nantinya akan berlanjut di kecamatan lainya dengan segmen yang berbeda.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembawaan materi sosialisasi yang dibawakan oleh Guesman Laeta tentang Pemilih Pemula lawan Hoax.

Selanjutnya, kegiatan dibuka dengan sesi tanya jawab dari para pemilih pemula dengan pemateri.

Hadir dalam kegiatan ini, staf Bawaslu Bolmong, PPK Kecamatan dumoga tengah, dan juga para pemilih pemula. (Ridwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.