Pemkot Gelar Lomba ASN Dilombakan, Tahlis : ASN akan Lewati Dua Tes

0
771

Kotamobagu, IR – Pemerintah Kota Kotamobagu menggelar Lomba Aparatur Sipil Teladan (ASN), yang dibuka Sekertaris Daerah Kotamobagu Tahlis Gallang, di Aula Kantor Walikota, Jl Ahmad Yani, Rabu(2/11) pukul 09.00 wita.

Lomba ini akan dilakukan dua tahap, ucap Tahlis. Pertama ASN akan diuji dengan tes Computer Assasment Test (CAT), kedua tes wawancara. Untuk tes CAT akan dimulai pada Kamis(3/11), di ruang CAT Kantor Bagian Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD).

Terkait dengan pendanaan untuk hadiah bagi pemenang. Tahlis mengatakan, “Dananya berasal dari akumulasi tunjangan kinerja daerah (TKD) yang tidak terbayarkan, dan kemudian diserahkan ke pihak BKDD untuk dipergunakan dalam lomba ini”, ungkap Tahlis.

Ada 11 kriteria ASN teladan yang dilombakan. Kriteria tersebut antara lain, guru, dokter, perawat, staf, lurah, dan operator administrasi. Semua Esselon III dan IV termasuk didalamnya, terkecuali tentunya Esselon II.

Namun, Tahlis menyayangkan kurangnya minat Esselon III dan IV mengikuti lomba ASN teladan ini. Menurutnya, Walikota berharap dengan dilaksanakan lomba ini, akan diperoleh calon-calon ASN yang bakal didudukkan pada posisi Esselon II. “Ini ajang untuk menilai kemampuan ASN, yang bakal dipromosikan jabatannya pada OPD baru”, kata Tahlis.

Kurangnya peminat, mengindikasikan belum yakinnya ASN terhadap kemampuan pribadinya. “Rendahnya kompetensi ASN perlu juga dievaluasi dalam penilaian pemberian jabatan”, lanjutnya.

Tahlis berharap, lomba ASN Teladan tahun 2017 aka bertambah ketimbang tahun ini. “Kalau bisa ratusan orang yang turut serta ikut meramaikan, dengan demikian kompetisi akan nampak jelas. Siapapun yang terpilih tahun ini akan mendapatkan sertifikat pengakuan dari Pemerintah Kota Kotamobagu”, tutup Tahlis. Wan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.