Lian: Pelayanan Digital Mudahkan Masyarakat Urus Dokumen Kependudukan

0
112

Boltim, Inatonreport.Com –  Duta Digital Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar sosialisasi pelayanan online di sejumlah wilayah di Kabupaten Boltim pada dari tanggal 27 Juli sampai 3 September 2023.

Dalam sosialisasi tersebut, Duta Digital menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil (Disdukcapil) Boltim. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan di sejumlah wilayah desa cerdas diantaranya Desa Nuangan Selatan, Desa Bongkudai Baru, Desa Purworejo Tengah, Desa Sumber Rejo dan Pinonobatuan.

Salah satu Duta Digital di Kabupaten Boltim, Putri Intan Permatasari Van Gobel yang akrab disapa Lian, mengaku, sosialisasi tersebut menjadi bentuk edukasi kepada masyarakat atas kemudahan dalam pengurusan pelayanan kependudukan melalui sistem digital.

“Pelayanan online Dukcapil ini untuk memudahakan masyarakat desa yang ingin membuat dokumen-dokumen seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Akta Kematian hanya di kantor desa dan tidak lagi harus ke Kantor Dinas Dukcapil,” ujar Lian, Kamis (7/9/2023)

Selain lebih praktis, lanjut Lian, pengurusan dokumen melalui sistem online juga mampu meminimalisir anggaran dan risiko masyarakat.

“Sehingga bisa memotong jarak dan waktu yang jarus ditempuh oleh masyarakat mengingat keselamatan diperjalanan juga jauh lebih penting,” tambah Lian.

Pelayanan online ini rencananya akan digunakan oleh aparat desa sebagai tata kelola cerdas untuk pemerintah desa.

“Tentunya, akan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat dengan hadirnya sistem pelayanan online, terlebih di jaman yang serba online seperti saat ini,” terang Lian. (HS)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.