Passi Barat Jadi Wilayah Percontohan Smart Lipu’ Naton

0
102

Bolmong, Inatonreport.Com – Kecamatan Passi Barat menjadi wilayah pilot project atau proyek percontohan Smart Lipu’ Naton di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Smart Lipu’ Naton ini salah satunya dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga segala pengurusan, baik berkas, dokumen atau lainnya, tidak harus lagi pergi ke Lolak,” ungkap inisiator project sekaligus Camat Passi Barat, Marief Mokodompit, Rabu (15/01/2020), yang diwawancarai usai menghadiri Rapat Orientasi Penyusunan RKPD, di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Bolmong, Lolak.

Dijelaskan Marief, hal itu dimungkinkan karena jaringan seluruh 13 desa di kecamatan yang dipimpinnya sedang disiapkan agar terintegrasi dengan pusat data Pemkab Bolmong yang ada di Lolak.

“Nantinya juga di setiap Kantor Desa di Passi Barat, akan dipasangi WiFi gratis sebagai bagian dari project Smart Lipu’ Naton. Nah, WiFi gratis itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Misalnya, untuk mendukung terbentuknya Kampung Literasi,” tutur Marief.

Marief pun berharap, agar di tahun 2020 berjalan, Smart Lipu’ Naton di 13 Desa Passi Barat bisa rampung seluruhnya.

“Untuk langkah awal, saat ini website kecamatan Passi Barat sudah terintegrasi dengan web www.bolmongkab.go.id milik Pemkab Bolmong. Nantinya secara perlahan akan terus dikembangkan sampai ke aplikasi-aplikasi pendukung untuk mewujudkan Smart Lipu’ Naton,” urai Marief.

*Rid

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.