Penghormatan dari Boltim untuk BJ Habibie

0
43

Boltim, Inatonreport.Com – Sebagai bentuk penghormatan kepada mantan Persiden Repoblik Indonesia (RI) ke 3 BJ Habibie, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengajak masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang, Kamis (12/9/2019).

Bupati Boltim, Sehan Landjar, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Hamdi Egam mengatakan, almarhum Bpk. BJ. Habibie adalah tokoh bangsa, yang telah banyak berbuat bagi bangsa Indonesia sehjngga sebagai bentuk penghormatan masyarakat Boltim mengibarkan bendera setengah tiang.

“Beliau sebagai seorang Teknokrat dan Birokrat beliau yang merintis mempelopori pembuatan pesawat terbang di dalam negri melalui pabrik pesawat PT. Nurtanio, pembuatan Alusista seperti senjata, tank, Pengangkut personil untuk TNI dengan PINDAD serta pembuatan kapal laut, PT PAL Indonesia,” ungkap Hamdi.

Mamtan Kabag Humas ini menambahkan, sebagai seorang politisi yang pernah memimpin negeri ini Almarhum BJ Habibie yang membuka kebebasan pers, membebaskan tahanan politik, memberi ruang untuk berdirinya beberapa parpol yang kemudian melaksanakan Pemilu pada tahun1999 yang di nilai paling demokratis dan masih banyak lagi ide, gagasan dan karyanya yang telah di berikan untuk negeri ini.

“Layaknya seorang pemimpin yang ada di belahan dunia manapun tentu mendiang Bapak Habibie tidak lepas dari kekurangan dalam menjalankan roda pemerintahan seperti opsi referedum di tim-tim yang membuat mereka lepas dari NKRI, dan itu merupakan konsekwensi logis dari sebuah keputusan politik,” imbuhnya.

Selain itu kata Kadis, almarhum juga sebagai tokoh atau sosok pengembangan kota Batam sebagai kepala Otoritas Batam pada awal pembentukan kota tersebut. Mantan Kabag Ekonomi ini menyebutkan, bahwa karya- karya Almarhum BJ Habibie setiap anak bangsa patut hargai sebagai bentuk penghormatan terakhir sebagai wujud Hari Berkabung Nasional.

“Beliau patut setiap anak bangsa hargai sebagai bentuk penghormatan terakhir seperti dalam wujud hari berkabung nasional dengan memasang bendera merah putih setenga tiang,” lugasnya.

“Bangsa asing saja mengapresiasi dan menghargai keilmuan dan ketokohan almarhum apalagi kita sebagai anak bangsa Indonesia. Yang paling pokok adalah almarhum BJ Habibie telah berbuat berbagai karya yang fenomemal untuk bangsa tidak hanya wacana,” tuntasnya.

Dikabarkan pengibaran bendera setengah tiang dilakukan selama 3 hari hingga 14 September 2019. Tiga hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional.

*

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.