Wow! Pala Manis Kurniasari Ternyata Pernah Jadi “Oleh-Oleh” ke Amerika dan Perancis

0
24

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Produksi pala manis Kurniasari salah satu produk industri rumah tangga sudah merambah hingga ke mancanegara.

Seperti dikatakan pemilik usaha ini Abrar, produk olahan buah pala yang dijadikan manisan sudah dijadikan oleh-oleh warga kawanua di Perancis dan Amerika.

“Manisan pala Kurniasari sudah dipasarkan di Sulawesi serta Jawa,” kata Abrar mantan kepala SKB Kotamobagu di pameran UKM, Lapangan Kotamobagu, Senin(2/9).

Abrar mengatakan, dia memiliki tiga orang pekerja yang membantunya mengolah manisan. Mulai dari proses pencucian, kupas hingga proses pengeringan dikerjakan oleh tangan-tangan terampil yang dilatihnya. Sedangkan buah pala diperolehnya dari hasil kebun sendiri. Jika permintaan banyak, maka dia membeli dari petani lain, ujarnya.

Dia mengakui tidak mengalami kesulitan memenuhi bahan baku. Menurutnya, bahan baku cukup mudah diperoleh karena daerah ini memiliki produksi buah pala yang cukup besar.

Sedang untuk pemasaran, dia merasa cukup puas. Permintaan cukup besar sehingga dia mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain, ucapnya.

*Ridwan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.