FLS2N Tingkat Kabupaten Dibuka, Assegaf: Jangan Hanya Fokus Pada Nilai Akademik

0
1163

Boltim, Inatonreport.Com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Muhammad Assagaf, membuka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten, yang bertempat di Lapangan Bogani Kotabunan Induk, Rabu, (26/7).

Dalam sambutannya, Assagaf mengatakan, lembaga pendidikan (sekolah) dituntut untuk mempersiapkan peserta didik bermutu yang mampu berkompetisi di segala lini kehidupan.

“Jika tidak, sekolah kita akan tertinggal dari sekolah lain,” ujar Assagaf.

Assagaf menambahkan, pendidikan di sekolah semestinya tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, tetapi juga non akademik melalui kegiatan ekstra kurikuler, sehingga siswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya.

Giat FLS2N SD dan SMP tingkat Kabupaten yang diselengarakan setiap tahunnya, lanjut Assagaf, tidak hanya berorientasi pada kejuaraan akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Boltim, dengan optimis saya menyambut baik penyelenggaraan Festival Lomba Seni Siswa Nasional ini,” jelas Assagaf.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan(Disdik) Kabupaten Boltim, Yusri Damopolii mengatakan, FLS2N adalah ajang kompetensi dan unjuk kemampuan. Tetapi pada dasarnya, kegiatan tersebut sebagai ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, olah rasa, serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa, seperti sikap saling menghargai, menghormati, solidaritas dan toleransi.

Yusri berharap, tim juri dapat melaksanakan tugas se-objektif mungkin dan betul-betul melakukan seleksi secara profesional.

“Mudah-mudahan siswa SD dan SMP yang mengikuti FLS2N dapat bersaing di tingkat Provinsi, “harap Yusri.

Pembukaan FLS2N tersebut turut dihadiri para Asisten, Pimpinan SKPD Kabupaten Boltim, Kapolsek Urban Kotabunan, Camat Kotabunan, seluruh Sangadi se-Kecamatan Kotabunan, para guru serta peserta FLS2N.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.