Ratusan Guru SD dan SMP Boltim Ikuti Pre Test PKB

0
875

Boltim, Inatonreport.Com – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengirim 127 guru SD dan SMP untuk mengikuti pre test Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), di SMK 1 Kotabunan, Senin (28/08) sampai Rabu (30/08).

Kepala Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Disdik Boltim, Hamzah Mamonto MPd, mengatakan, kegiatan yang digelar oleh Disdik Provinsi Sulut yang bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Kependidikan (LPMP) Sulut serta Pemda Boltim tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan Profesionalitas guru.

“Kegiatan ini wajib diikuti oleh guru SD dan SMP guna untuk pengembangan tenaga kependidikan dan nantinya akan memudahkan Guru-guru dalam mengurus sertifikasi. Sebab, hasil test tersebut sangat berpengaruh terhadap perekrutan calon sertifikasi maupun yang sudah sertifikasi,” ujar Hamzah.

Sementara itu, penyelenggara kegiatan dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulut, Diana Manuhutu SPd, menambahkan,

“Salah satu manfaat dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah ilmu dan wawasan guru, terutama dalam bidang teknologi. Karena tidak bisa dipungkiri, saat ini kemajuan pendidikan kita tidak lepas dari peran teknologi di dalamnya,bahwa tujuan pokok untuk pelaksanaan test ini untuk meningkatkan mutu tenaga kependidikan dalam hal penggunaan teknologi.” tambah Diana.

Masih di tempat yang sama, Erik Rengku yang berasal dari pihak LPMP menjelaskan, secara teknis pre test PKB tersebut dilakukan dengan sistem online.

“Uji kompetensi ini meliputi tes Pedagogik dan tes profesionalisme. Sampai sekarang dimana sudah 6 tahun pre test online diberlakukan, kami di Provinsi belum memiliki standar nilai kelulusan, sehingga untuk penilaian sekaligus penentuan kelulusan peserta, sepenuhnya diserahkan ke pusat,” jelas Erik.

*Hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.