Masuk Ketegori Kota Sehat, Dinkes Bakal Gandeng TNI

0
935

Kotamobagu, inatonreport.com – Dalam waktu dekat, tim verifikasi kota sehat akan berkunjung ke Kota Kotamobagu.

“Kedatangan mereka untuk melakukan verifikasi tahap IV,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Drg. Haris Mongilong, di Lantor Wali Kota, Senin (11/9) pagi.
Kotamobagu telah menyiapkan seluruh aspek penilaian. Meski masih ada beberapa kekurangan, namun diyakini dapat dipenuhi secepatnya. Beberapa hal yang masih perlu penambahan, yaitu MCK, pos yandu, drainase, dan beberapa fasilitas lainnya.
Dikatakan Haris, untuk pembangunan tersebut Dinas Kesehatan akan menggandeng TNI.
“Kami akan berkoordinasi dengan TNI,” kata Haris.
Haris menyatakan, Kotamobagu masuk dalam 178 kota di Indonesia yang mengusulkan diri menjadi Kota sehat. Dan, Kotamobagu telah melewati tiga tahap penilaian.
“Sekarang akan masuk tahap keempat,” tambah Haris.
Di Sulawesi Utara ungkap Haris, baru Kota Bitung yang telah diverifikasi tahap empat. Dia pun yakin, Kotamobagu bakal masuk kategori kota sehat. Langkah awal telah dilaksanakan sejak 2016.
Meskipun terjadi pemotongan anggaran karena digeser untuk menutupi penganggaran Dana Desa, Haris tidak langsung kecewa. Ada beberapa ide yang bisa diformulasikan guna menunjang kota sehat. Pembangunan infrastruktur di desa misalnya bisa menggunakan Dana Desa.
“Memang bukan kita lagi pelaksananya, tapi bisa dibijaki menjadi program desa. Dengan demikian, meski dipotong anggaran dinas tapi program tetap jalan,” terang Haris.
*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.