Diskapus Gandeng Disdik Tunjang Peningkatan Minat Baca Dikalangan Siswa

0
870

Kotamobagu, Inatonreport.Com -Dinas Kearsipan dan Perpustakaan akan menggandeng Dinas Pendidikan (Dsidik) Kotamobagu untuk bersama meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Hal ini berkaitan pula dengan program literasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Saya telah meminta Kadis Pendidikan untuk membantu program literasi bagi siswa. Siswa diminta untuk memanfaatkan perpustakaan,” kata Kepala Diskapus Kotamobagu, Irawan Ginoga, di kantornya, Selasa 24/10).
Hanya satu jam saja setiap hari, kata Irawan, siswa datang dan membaca di perpustakaan.
“Buku adalah jebdela dunia, banyak hal yang bisa diketahui siswa lewat buku,” tandas Irawan.
Untuk menyesuaikan kebutuhan buku, maka Diskapus akan menambah judul buku pada tahun depan.
Lebih lanjut, Irawan menyampaikan, tahap awal ini, literasi akan difokuskan pada membaca buku berbahasa Mongondow, selain buku dengan berbagai judul yang sudah tersedia.
“Ada buku sumbangan Dinas Pendidikan memakai bahasa Mongondow. Buku itu juga bercerita tentang sejarah Bolaang Mongondow. Bagi siswa, sejarah Mongondow perlu diketahui,” kata Irawan.
Ia juga telah menyampaikan kepada petugas perpustakaan desa dan kelurahan untuk ikut menyosialisasikan kegemaran membaca. Sehingga, para siswa dipersilakan untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
“Siapa yang datang di kantor desa atau kelurahan agar diberikan bacaan sambil menunggu menyelesaikan urusan mereka. Dari pada bengong lebih baik membaca,” papar Irawan.
*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.