Jadi Narasumber di Seminar KPMIBT, Landjar Bahas Pemekaran PBMR

0
1009

Manado, Inatonreport.Com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar SH, menjadi narasumber dalam seminar dan lokal karya yang digelar Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Timur (KPMIBT), Jumat (6/10), di Hotel Kawanua Manado.

Seminar dengan tema peran dan kontribusi mahasiswa terhadap peluang dan tantangan pemekaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya (PBMR), turut dihadiri anggota DPRD Boltim diantaranya Ketua Komisi I Sofyan Alhabsyi, Maryam Batalipu, Etsyuko Tendean, serta Ketua KPU Boltim Awaludin Umbola.

Dihadapan kurang lebih 500 mahasiswa asal BMR dan ternate, Landjar selaku ketua Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP CDOB) menyampaikan, saat ini dari 314 Calon DOB, 108 telah mendapat persetujuan DPR dan 65 Calon DOB telah memiliki ampres termasuk BMR.

Lanjut Landjar, pada 21 Agustus melalui Forkonas CDOB telah melakukan aksi pertama di Gedung Nusantara untuk mendorong pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (Permen) sebagai landasan hukum dalam pemekaran DOB.

“Dengan dimekarkan, pelayanan ke masyarakat lebih gampang,” Kata Eyang sapaan akrabnya.

Eyang menambahkan, pihaknya akan terus mendorong pemerintah untuk segera menyetujui usulan pemekaran, dan pemerintah tidak boleh lagi menggunankan anggaran dan sebagainya sebagai alasan.

Pasalnya, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda telah mengatur pembiayaan Calon DOB masih mengikat pada daerah induk, sehingga tidak akan mengganggu keuangan negara.

“Kami memberikan waktu sampai 30 Oktober 2017. Jika Presiden belum memberikan pernyataan, kami akan melakukan aksi sampai menduduki Istana. Perjuangan administratif bukan lagi perjuangan di level bawah. Presiden punya pulpen, kami punya suara,” tegas Landjar.

*Advertorial

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.