Diskominfo Provinsi Gorontalo Kagum dengan Data Center Kotamobagu

0
900

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo lewat Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan studi tiru ke Kota Kotamobagu, Rabu (8/11).

“Kedatangan mereka karena ketertarikan dengan pengelolaan data center milik Diskominfo Kotamobagu. Mereka mendapat informasi dari Universitas Negeri Gorontalo(UNG) saat mengikuti kegiatan di Manado,” kata Kadis Kominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar.

Lanjut Ahmad Yani, pemerintah memiliki peran penting dalam membangun infrastruktur Data Center.

“Hal yang utama dalam membangun infrastruktur Data Center, hanya satu yakni komitmen pemerintah,” ujar Ahmad Yani.

Sementara, Kadis Kominfo Provinsi Gorontalo, Hj. Fatma Biki, mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan terkait pengelolaan Data Center.

“Kami memberi apresiasi atas suport yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu baik dari kebijakan maupun penganggaran,” ucap Fatma, usai melihat dari dekat pengelolaan data center di lantai dua, kantor Diskominfo Kotamobagu.

Menurut Fatma, pelajaran yang diambil dari studi tiru ini adalah bagaimana Pemerintah Kotamobagu membangun kerjasama dengan PT Jala Lintas Media (JLM) sebagai penyedia infrastruktur. Ada banyak aspek yang dilihat dan dinilainya baik untuk membangun kerjasama.

Diakuinya, Pemerintah Gorontalo telah lebih awal memiliki Data Center namun, pada prakteiknya masih ada beberapa masalah yang terjadi. Ia pun mengatakan tidak perlu malu untuk belajar, sekalipun Kotamobagu hanyalah sebuah kota.

*Ridwan Kalauw

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.