Sehan Buka Forum Perangkat Daerah Perubahan RPJMD Boltim

0
849

Boltim, inatonreport.com – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar, mengajak semua pihak terkait untuk memberikan kontribusi dalam penyesuaian dokumen sesuai RPJMN.

“Forum Perangkat Daerah sangat penting dan merupakan tanggung jawab bersama karena berkaitan tentang implementasi dalam pembangunan. Perubahan RPJMD ini merupakan satu upaya mensinkornisasikan/memadukan antara visi-misi yang kemudian di pertajam kedalam RPJMD,” kata Sehan, saat membuka Forum Perangkat Daerah rancangan perubahan RPJMD Kabupaten Boltim Tahun 2016-2021, di Aula Kantor Bupati Boltim, Kamis, (7/12).‎‎

Sehan mengungkapkan, RPJMD Boltim yang sudah ditetapkan harus dilakukan penyesuaian setelah lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 dan PP Nomor 18 tentang OPD.

“Tentunya RPJMD ini harus betul-betul mencakup secara keseluruhan strategi, menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul di masyarakat di Boltim,” tutur Sehan.

Sehan berharap, RPJMD dapat menangkap semangat yang tertuang didalam visi misi. Salah satu contoh, pariwisata yang masuk dalam program Nawacita namun belum tertuang secara implisit‎ di dalam visi misi.

“Pariwisata tidak disebutkan secara implisit tapi bisa kita tangkap pada 3 hal yaitu kreatif, berwawasan lingkungan dan ekonomi/ kesejahteraan. Visi-misi menggambarkan secara umum, di RPJMD semakin diperjelas,” terang Sehan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Litbang Bapelitbang Boltim, James Kinontoa, menyebutkan, sedikitnya 4 tahapan telah dilaksanakan dalam proses perubahan RPJMD tahun 2016-2021, diantaranya pembahasan indikator kinerja perubahan RPJMD, orientasi tim penyusun dan FGD perubahan RPJMD tahun 2016-2021, Konsultasi publik perubahan RPJMD 2016-2021, dan Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan hari ini.

“Terakhir direncanakan akan dilaksanakan Musrenbang perubahan RPJMD 2016-2021 pada 13 desember 2017 mendatang,” ungkap Sehan.

*hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.