Dinkes Boltim Gelar Pelatihan EHRA

0
935

Boltim, Inatonreport.Com – Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Boltim, menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Enumerator Environmental Helat Risk Assesment (EHRA) di ruang rapat Dinkes, Kamis (01/03).

Kepala Bidang (Kabid) Kesmas, Kartini Djaman, mengatakan,  EHRA merupakan salah satu visi dalam pembangunan kesehatan nasional untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang menyangkut sarana dan prasarana kesehatan.

“Jadi menyangkut dengan sanitasi sebagai upaya pengendalian, semua faktor lingkungan fisik manusia, yang dapat menimbulkan hal yang merugikan bagi perkembangan fisik, kesehatan dan daya tahan hidup manusia,” ujar Kartini.

Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan di masyarakat, lanjut Kartuni, pihaknya melakukan sistem pendataan melalui program ERHA.

“Dari beberapa studi primer yang harus dilakukan oleh para kelompok kerja sebagai Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) Kabupaten Boltim,” terang Kartini.

Kartini menerangkan, program ERHA sudah diberlakukan sejak 2014 lalu, namun masih dilakukan pembaruan data sistem aplikasi di tahun 2018.

Diketahui, kegiatan yang dihadiri staf Seksi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Dinkes Provins Sulawedi Utara (Sulut), Nureahyuni SKM, juga memaparkan secara teknis penggunaan program EHRA ke para peserta yakni perwakilan Puskesmas se-Boltim.

*Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.