Motoboi Kecil Lokasi Budidaya Lele Sangkuriang Secara Bioflok

0
1019

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Pembudidayaan ikan jenis Lele Sangkuriang oleh salah satu Kelompok Perikanan di Kotamobagu mendapat perhatian khusus dari Dinas Pertanian Dan Perikanan Kotamobagu.

Salah satu bukti kongkritnya, yakni dengan di bangunnya kolam dengan sistem pembudidayaan teknologi bioflok oleh Pemkot Kotamobagu beberapa waktu lalu, yang terletak di Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Saat ini Budidaya Lele Sangkuriang sistem bioflog di Kelurahan Motoboi Kecil menjadi sumber produksi Lele jenis Sangkuriang satu-satunya di Bolaang Mongondow Raya (BMR), yakni di Kota Kotamobagu.

Ketua Kelompok UPR Syari’ah Motoboi Kecil, Rahmat, mengatakan, pada 23 Desember 2017 lalu, pihaknya menerima bantuan bibit Lele Sangkuriang, dari Kementrian Perikanan dan Kalautan.

“Bantuan APBN dengan bibit sebanyak 26.000 ekor, dan 10 unit kolam,” ungkap Rahman.

Kepada awak belum lama, Rahmat mengatakan, penangkaran Lele Sangkuriang ini telah dilakukan jauh sebelum mendapat bantuan dari pemerintah.

“Memang penangkaran ini sudah kami lakukan sebelumnya, sampai akhirnya alhamdulilah mendapat bantuan dari pemerintah. Jenis ini kami pilih karena banyak keunggulannya dibanding lele jenis lainnya. Bahkan untuk penjualan jenis lele yang paling dicari ini, dan sudah merambah ke berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” terang Rahmat.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.