Jadi Desa Wisata, Pemdes Kobo Kecil Bangun Rumah Adat

0
784

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, memanfaatkan sebagian Dana Desa (Dandes) untuk mengembangkan potensi wisata budaya di desa tersebut. Salah satu yang dilakukan adalah membangun rumah adat Bolaang Mongondow (Bolmong).

Sekretaris Desa (Sekdes) Kobo Kecil, Irwan Mokodompit, mengatakan, pembangunan rumah adat tersebut bertujuan untuk menopang Desa Kobo Kecil, sebagai desa wisata di Kota Kotamobagu.

“Tahun lalu desa ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata. Untuk menopang itu, harus ada rumah adat. Anggaran untuk pembangunannya sebesar Rp100 juta lebih, yang dialokasikan melalu Dandes tahun 2017,” ungkap Irwan.

Menurut Irwan, tahun ini pihaknya kembali mengalokasikan anggaran untuk pengadaan fasilitas penunjang lainnya.

“Semua kebutuhan dari lembaga adat di sini, kami anggarkan dan akan disimpan di rumah adat itu. Sekarang ini kita masih berkoordinasi dengan ketua dan anggota lembaga adat, untuk kelengkapan lainnya,” ujar Irwan.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Kotamobagu, Agung Adati, mengungkapkan, bahwa pihaknya mendorong langkah Pemdes Kobo Kecil dalam mengembangkan sektor wisata budaya di desa.

“Desa itu sudah ditetapkan sebagai desa wisata tahun lalu. Salah satu syarat menjadi desa wisata adalah memiliki rumah adat. Sebagai instansi terkait, tentu kami sangat mendorong upaya yang sedang dilakukan Pemdes Kobo Kecil,” ucap Adati.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.