Pemkot Sediakan 8 Miliar Rupiah untuk 435 RTLH

0
858

Kotamobagu, Inatonreport.Com – Sejak terpilih pada pemilihan Wali Kota 5 tahun yang lalu, Wali Kota Tatong Bara, dinilai sukses membawa banyak perubahan baik infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan.

Tidak hanya itu saja namun untuk kesejahteraan masyarakat Kotamobagu Wali Kota menggagas beberapa Program Sosial. Salah satunya yakni program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yang menyasar 435 unit rumah warga kurang mampu di Kotamobagu.

Kepala Bidang Sosial, Roi Paputungan, mengatakan, berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) sebanyak 435 unit RTLH dibangun dengan anggaran Rp8 miliar.

“Saat ini syarat bagi warga menerima program bantuan RTLH tidak lagi seperti tahun tahun kemarin. Jika tahun kemarin mereka yang mendapatkan adalah rumah dengan dinding terbuat dari bambu, lantai masih tanah, bahkan tidak ada kamar mandi. Untuk beberapa tahun terakhir ini kriteria seperti di Kotamobagu sudah sulit di temukan, kalaupun ada bukan berdiri di atas tanah sendiri,” ungkap Roi, Selasa (26/6).

Sehingga menurut Roi, pihaknya menaikan syarat penerimaan program RTLH yaitu minimal memiliki tanah pribadi, dan rumah dari kayu.

“Ini berkat komitmen Wali Kota yang terus menganggarkan dana untuk rehab RTLH. Untuk saat ini dinding bangunan sudah mengggunakan terbuat kayu atau papan. Begitupun lantai juga yang sudah mengggnakam semen bahkan pakai keramik,” tutur Roy.

Selain menyiapkan program RTLH, Tatong telah menyiapkan program pemberdayaan ekonomi kreatif.

“Ada juga program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Baik yang didanai APBD ataupun APBN. Sampai tahun 2017 jumlah KUBE di Kotamobagu mencapai 331. Jumlah terdiri dari berbagai macam sektor ekonomi diantaranya usah pembuatan kue basah, perbengkelan, dan catering,” tutupnya.

*RA

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.