Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini yang Disampaikan Wabup Boltim

0
837

Boltim, Inatonreport.Com – Wakil Bupati Boltim, Rusdi Gumalangit, mengatakan, pada peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni 2018, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Rusdi saat membacakan pidato tertulis Presiden RI pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Kantor Bupati Boltim, Jumat (1/6).

“Tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” kata Rusdi.

Rusdi mengungkapkan, peran Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, adalah fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur dimana para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

“Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya, dan kita pahami rohnya,” ujar Rusdi dihadapan peserta upacara.

Rusdi mengimbau agar peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, dijadikan peneguh semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

“Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Rusdi.

Diketahui, pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Pemkab Boltim tahun ini dirangkai dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Turut hadir pada pelaksanaan upacara, Dandim 1303 Bolmong, Kapolsek Kotabunan, serta seluruh ASN Pemkab Boltim.

*Hms/Abdyanto Mokodongan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.